Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TUJUH ELEMEN KUNCI MANAJEMEN KELAS

Manajemen kelas adalah penggunaan prosedur dan teknik pengajaran yang mempromosikan lingkungan belajar yang aman dan efisien. Untuk guru sekolah dasar, metode pendisiplinan dan ekspektasi perilaku merupakan inti dari sistem ini. Seiring bertambahnya usia siswa, gaya manajerial instruktur dapat berubah untuk membantu siswa dalam pengembangan pembelajaran mandiri. Meskipun setiap guru akan memiliki gaya manajemen yang unik untuk memenuhi kebutuhan setiap kelas, elemen yang sama dapat ditemukan secara konsisten.

Desain Ruang Kelas

Meski sering diabaikan, elemen pertama manajemen kelas adalah desain yang disengaja. Gunakan posisi meja, pajangan, penyimpanan, dan peralatan Anda untuk menciptakan ruangan yang hangat dan ramah. Pastikan Anda telah menghapus semua item yang tidak perlu dan mengganggu dari ruang kelas Anda. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa kamar Anda dari bahaya keamanan.

Aturan

Kembangkan aturan yang menumbuhkan rasa hormat, kepedulian, dan komunitas di kelas Anda. Perjelas ekspektasi Anda terhadap perilaku di awal tahun dengan meninjau peraturan ini bersama siswa. Terus perkuat aturan Anda selama kursus, dan tempelkan di lokasi yang terlihat.

Disiplin

Aturan kelas harus memiliki konsekuensi nyata. Siswa akan menguji keterbatasan masing-masing guru sejak hari pertama sekolah. Bersikap tegas, adil dan konsisten. Mulailah dengan memperingatkan seorang siswa dan meminta mereka memastikan pengetahuan mereka tentang peraturan kelas. Menindaklanjuti gangguan lanjutan dengan mengeluarkan demerits, penahanan, atau teguran resmi lainnya. Jangan pernah memukul, melecehkan, mempermalukan, atau membentak siswa-ini kontraproduktif dan tidak profesional.

Penjadwalan

Jaga ketertiban kelas Anda dengan tetap tepat waktu dan sesuai tugas. Kerjakan tugas kelas selama waktu kelas, sisakan banyak ruang untuk tugas di kelas. Menjejalkan pekerjaan dan instruksi terlalu dekat dengan aktivitas lain dapat menyebabkan perilaku yang mengganggu dan pemahaman yang buruk. Harus ada ruang sebelum dan sesudah setiap pergantian kamar, makan siang, dan istirahat bagi siswa untuk menetap. Memiliki jadwal harian yang teratur membantu Anda dan anak-anak Anda mempersiapkan diri untuk tugas yang akan datang. Bersikaplah tegas tetapi adil dengan tanggal jatuh tempo. Selalu sisakan ruang untuk keadaan yang meringankan. Jangan pernah meninggalkan ruang untuk penundaan.

Organisasi

Tetap teratur di dalam dan luar. Simpan file siswa, tugas, rencana pelajaran, dan dokumen administrasi Anda dengan rapi. Ini memberikan contoh yang baik bagi siswa Anda dan mencegah Anda membuang-buang waktu instruksional untuk mencari materi. Bagikan sistem ini dengan siswa Anda. Tempelkan kalender kelas, jadwal pekerjaan rumah, dan tugas di papan tulis. Izinkan siswa untuk melihat bagaimana Anda membuat catatan. Ini membantu mereka membedakan informasi yang tidak relevan dari detail penting. Dorong pembelajaran mandiri dengan memberi siswa agenda mereka sendiri (buku catatan). Anda mungkin meminta siswa untuk memeriksa buku catatan mereka di rumah atau selama kelas.

Teknik Instruksional

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki fleksibilitas atas isi kurikulum Anda, guru dapat menyampaikan informasi sesuai keinginan mereka. Menyesuaikan teknik pengajaran Anda dengan tingkat kelas, bidang studi, dan siswa sangatlah penting. Demonstrasi listrik secara langsung akan membuat siswa kelas 8 tetap terlibat, tetapi mungkin terbukti kacau di ruang kelas 3. Variasikan gaya dan intensitas pelajaran Anda. Sesi gaya kuliah tindak lanjut dengan aktivitas kelompok yang santai. Berkonsultasilah dengan kolega Anda untuk mendapatkan ide pelajaran baru. Pelajari tentang setiap gaya belajar siswa Anda. (Apa kurva belajar mereka? Bagaimana mereka belajar dengan baik? Apakah mereka bekerja dengan baik dalam kelompok?) Pengamatan ini sangat penting saat menyesuaikan gaya mengajar Anda dengan kebutuhan siswa Anda.

Komunikasi

Komunikasi adalah aspek yang paling penting dari pengelolaan kelas. Penting untuk memiliki jalur komunikasi yang jelas dan konsisten dengan administrasi, kolega, siswa, dan orang tua Anda. Tanpanya Anda akan kehilangan rasa hormat dari teman sebaya, perhatian siswa, dan kerja sama orang tua. Bersikap tanggap terhadap keprihatinan orang lain. Bersikaplah fleksibel dan bersedia mengakomodasi permintaan yang masuk akal.

Sumber Asli: https://www.education.gov.gy/web/index.php/teachers/tips-for-teaching/item/1735-seven-key-elements-for-effective-classroom-management

Seven Keys Elements of Classroom Management - Nigerian Educational Blog | Online Learning Nigeria (edufirst.ng)


Post a Comment for "TUJUH ELEMEN KUNCI MANAJEMEN KELAS"