WORKSHOP AKSELERASI PUBLIKASI ILMIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SALATIGA TAHUN 2018

A.    Pendahuluan
Pada hari Rabu, 25 Juli 2018, Ruang Auditorium Gedung Ahmad Dahlan Kampus 3 IAIN Salatiga LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat) IAIN Salatiga melaksanakan  Workshop yang berjudul “Workshop Akselerasi Publikasi Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2018”.
Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara utama yang berasal dari PTKIN yang dinobatkan tahun ini sebagai Perguruan Tinggi yang paling banyak sitasi publikasinya. Untuk itu terundanglah Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag.  –Kapuslit LP2M UIN Sunan Gunung Jati Bandung  dengan materi berjudul  “Akselerasi Publikasi pada Publisher Internasional Bereputasi” dan pemateri kedua ialah Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, M.T., S.T . --UIN Sunan Gunung Jati Bandung yang telah mendapatkan SINTA Awards tanggal 4 Juli 2018 dari Ristekdikti karena terpilih sebagai penulis yang sitasinya paling banyak di lingkungan PTKIN. Materi yang disampaikan Prof Ali Ramdhani ialah “Teknik Penulisan Ilmiah pada Publisher Bereputasi Internasional”.


Berikut akan dipaparkan rincian kegiatan Workshop Akselerasi Publikasi Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2018 tersebut.
1.      Acara diawali dengan Pembukaan  Kegiatan Workshop Akselerasi Publikasi Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Salatiga Tahun 2018  yang dimulai pukul 08.30 dengan  sambutan ketua LP2M  yaitu Dr.Adang Kuswaya/ketua Lp2M.
2.      Pada jam 08.45  terlaksanalah Sambutan Bp.Rektor/ Dr.Rahmat Hariyadi,M.Ed Rektor IAIN Salatiga, Dr Rahmat Hariyadi mendorong seluruh civitas akademika untuk aktif menulis karya ilmiah. “Kita canangkan 2019 sebagai tahun publikasi,” ujar  Beliau  di hadapan sekitar 140 dosen. Sebagai wujud komitmen, lanjut Rektor, institut akan mendukung dengan manajemen dan keuangan yang baik. “Selain itu penting melakukan kolaborasi, baik sesama dosen maupun dengan mahasiswa,”
3.      Kemudian acara selanjutnya memasuki Sesi Acara I: Workshop Akselerasi Publikasi pada Publisher Internasional Bereputasi yang dimulai pukul 09.30 sampai 10.30. Sebagai Fasilitator/Narasumber ialah Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag.  –Kapuslit LP2M UIN Sunan Gunung Jati Bandung  dengan materi berjudul  “Akselerasi Publikasi pada Publisher Internasional Bereputasi” dan yang bertugas sebagai Moderator ialah Agung Guritno, M.Pd. Dalam sesi ini Dr. Wahyudin Darmalaksana menyampaikan Program Co-Authoring a Paper with Professor (CAPP) yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M  UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mempunyai implikasi positif terhadap perkembangan dan percepatan pencapaian kinerja publikasi ilmiah interternasional yang bereputasi global. Program ini adalah progam pendampingan penulis Senior seperti para Profesor yang pandai menulis tapi lemah pengetahuan IT disandingkan untuk menulis bareng dengan penulis muda yang pandai IT tapi masih kurang berpengalaman dalam menulis karya ilmiah. Dr. Wahyudin Darmalaksana juga mengatakan untuk publikasi internasional di LP2M juga disediakan penterjemahan gratis tulisan dosen yang berbahasa Indonesia ke Bahasa Inggris untuk dikirimkan ke Publikasi Internasional.
4.      Pemateri kedua Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, M.T., S.T .--UIN Sunan Gunung Jati Bandung menyampaikan materi mulai 10.30 sampai 11.30 dengan Materi berjudul  “Teknik Penulisan Ilmiah pada Publisher Bereputasi Internasional” . Pada sesi ini Prof Ali Ramdhani menyampaikan secara umum teknik penulisan yang memungkinkan tembus secara internasional termasuk secara teknis bagaimana menggali ide tulisan, bagaimana menuangkannya dalam bentuk tulisan dan bagaimana teknik paraphrase tulisan untuk menghindari plagiarism.
5.      Kemudian acara selanjutnya memasuki acara I-SHO-MA (Istirahat-SHOlat Dzuhur-MAkan) yang dimulai dari jam 12.00 sampai jam 13.00.      
6.      Kemudian acara selanjutnya memasuki acara Berikutnya dimulai jam  13,00  di adakan Tutorial pembuatan akun Google Scholar dan Sinta  oleh Faizal Risdianto,S.S,M Hum/Kapus Pengabdian LP2M  dan Ketua Rumah Jurnal IAIN Salatiga didampingi  Bimo setyoko,M.Kom sebagai Kepala TIPD IAIN Salatiga. Pada Sesi ini perserta sangat antusias mengikuti tutorial mulai dari membuat akun Google Scholar, cara menambahkan sitasi di GS dan cara mendaftarkan diri pada akun SINTA. Dari perserta sejumlah 28 akun dosen yang terindeks di author SINTA Alhamdulillah telah terverifikasi 92 akun dosen IAIN Salatiga yang terindeks di SINTA.
7.      Kemudian acara selanjutnya memasuki acara Penutupan acara yang dibawakan oleh Rini, Verary, M.Pd.
B.     Penutup
Demikian laporan kegiatan ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..