Mari kita Perbaiki Hubungan dengan ALLAH SWT dan Manusia

Setelah memperbaiki hubungan dengan Allah SWT di bulan ramadhan perlu memperbaiki hubungan dengan manusia

Sebaik apapun hubungan dengan Allah SWT tapi rusak hubungan dengan manusia: suka ngrasani, memfitnah, mem-bully, berbuat aniaya dst akan bangkrut di akhirat jika masih ada salah pada manusia yang belum meng-ikhlas-kan kesalahan-kesalahan kita.

Dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu-, bahwasanya Rasulullah -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- bersabda, “Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut?”
Para sahabat menjawab, >“Orang yang bangkrut di tengah kami adalah orang yang tidak punya dirham dan kekayaan.”
Lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan (pahala) salat, puasa dan zakat. Namun ia datang telah mencela si A, menuduh si B, memakan harta si Fulan, menumpahkan darah si fulan dan memukul si Anu. Maka orang yang itu diberi dari kebaikannya, yang ini juga diberi dari kebaikannya. Hingga jika semua kebaikannya habis padahal semua dosanya belum habis, diambillah kesalahan-kesalahan (dosa orang yang dizaliminya), lalu dilimpahkan padanya, kemudian ia pun dilemparkan ke dalam neraka.”
Hadis sahih - Diriwayatkan oleh Muslim
Kemudian ada kelompok yang lain sebaliknya, jika baik sama orang/ manusia tapi tidak sholat, berbuat syirik amalan seperti debu berterbangan di akhirat QS Al Furqon ayat 23.



dan juga di QS Al Kahfi 103-104:
Katakanlah (Muhammad), "Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling rugi perbuatannya?"
(Yaitu) orang yang sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya.


Yang ideal baik sama Allah SWT juga pada manusia. Yang didapatkan ialah sorga seluas langit dan bumi.
QS Ali Imron 133-134.
Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,
(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan,




No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..