Mengenal Sejarah dan Manfaat Linktree

Dear Netizens,

Tahukah Anda apa itu Linktree? Saya sudah punya lho akunnya. Contohnya ini: https://linktr.ee/pakfaizal .Menurut Wikipedia.org, Linktree adalah halaman arahan referensi media sosial freemium yang dikembangkan oleh Alex Zaccaria, Anthony Zaccaria, dan Nick Humphreys, yang berkantor pusat di Melbourne & Sydney, Australia. Didirikan pada tahun 2016, dibuat untuk menyediakan halaman arahan bagi seseorang atau seluruh tautan terkait perusahaan di media sosial, yang jarang memungkinkan menautkan beberapa situs. Situs ini terinspirasi oleh gangguan pengembang dengan media sosial, di mana ia tidak dapat mengizinkan banyak hyperlink.

 

 Sejarah Linktree

Linktree didirikan pada tahun 2016, karena pengembangnya kesal dengan media sosial yang tidak mengizinkan banyak hyperlink di profil. Situs ini dibuat dalam enam jam dan dilaporkan memiliki 3.000 pengguna dalam semalam, yang menyebabkan server mogok karena kelebihan beban. Pada tahun 2018, Instagram melarang situs tersebut karena dianggap "spam", meskipun kemudian situs tersebut dicabut dan Instagram mengeluarkan permintaan maaf. Pada Desember 2018, jumlah pengguna mencapai 1 juta pengguna dan 3 juta pada akhir 2019. Pada Oktober 2020, Linktree telah memperoleh lebih dari 8 juta pengguna. Per Maret 2021, jumlah pengguna telah mencapai hampir 16 juta, meningkat 300% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada Agustus 2021, Linktree mengumumkan akuisisi Odesli untuk menjadi “toko serba ada” bagi musisi yang ingin memonetisasi karya seni mereka.

Linktree adalah layanan freemium: gratis, tetapi juga menawarkan langganan 'Pro' yang diluncurkan pada April 2017, yang memberikan lebih banyak manfaat, seperti opsi penyesuaian yang lebih banyak, analisis yang lebih detail, integrasi pendaftaran email, penghapusan Logo Linktree, dll.  Pengguna dapat mengunggah tautan sebanyak yang mereka inginkan meskipun tidak berlangganan. Analisis pro memungkinkan pengguna untuk melihat rasio klik-tayang mereka. Kedua penawaran memungkinkan pengguna untuk membuat halaman yang dipersonalisasi dan dapat disesuaikan, yang menampung semua tautan media sosial dan situs web resmi. Linktree juga bermitra dengan Amazon, memungkinkan pengguna untuk mengunggah profil toko Amazon mereka sebagai tautan afiliasi. Di tengah protes George Floyd, Linktree memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan ikon 'Dukung Anti-Rasisme', yang memunculkan tab yang menghubungkan pengunjung ke artikel untuk lebih memahami rasisme, organisasi untuk disumbangkan, dan tempat untuk protes.



Penghargaan

Pada tahun 2019, Linktree termasuk dalam daftar 'Pemula 100' CNBC tentang "startup muda paling cerdas, paling menarik, yang menjanjikan untuk menjadi perusahaan hebat masa depan." Pada bulan Maret 2020, Fast Company menempatkan Linktree sebagai tempat keempat di 'Terbanyak Daftar Perusahaan Inovatif 2020' dalam kategori 'Media sosial' untuk "menjadikan "tautan di bio" Instagram menjadi menu ramping untuk berbagi artikel, merchandise, atau kemitraan berbayar." Tempat ini pernah diperoleh pada tahun 2018 oleh Reddit, pada 2019 oleh Are.na, dan pada 2016 oleh Periscope.

 Pendanaan

Pada 27 Oktober 2020, Linktree mengumumkan telah menerima pembiayaan Seri A senilai US$10,7 juta dari Airtree Ventures dan Insight Partners. Pendanaan tersebut merupakan yang pertama bagi perseroan dari investor institusional. Pada tanggal 26 Maret 2021, Linktree mengumumkan penutupan putaran pembiayaan Seri B senilai $45 juta. Putaran ini dipimpin bersama oleh Index Ventures dan Coatue, dengan partisipasi dari investor yang kembali, AirTree Ventures dan Insight Partners.

Sumber: Wikipedia-Linktree

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..