Jurus Iritology Hidup di Luar Negeri

 Dear Warganet,

Sudah terkenal sejak Tempoe Doeloe, orang indonesia jika hidup di luar negeri terutama dalam status belajar biasanya pandai mengirit pengeluaran. Misalnya masalah makan sehari-hari. Mungkin karena postur badan kita kecil dibandingkan orang Bule Eropa-Amerika yang dimakan tidak banyak dan tidak mahal. 

Ada mahasiswa saya yang ikut exchange program di Amerika bercerita jika  dia makan habisnya hanya 4 atau 5 Dollar. Jauh lebih irit  daripada orang Arab yang tinggal di Amerika yang jika makan habis antara 8 sampai  9 USD. 


Nah, kalo saya waktu ikut short course NIIT Computer and English Proficiency di Indirapuram, Ghaziabad, Uttar Pradesh, India sementara tinggal di Cabana Apartment  selama 3 bulan di tahun 2013. Alhamdulillah fasilitasnya bagus layaknya hotel dan tiap pagi ada sarapan gratis di restoran apartemen. 

Berikut fotonya:

 


Dan yang satu ini tempat tidur saya yang awut-awutan. Maklum waktu itu jauh dari istri :D


Terus satu lagi masalah laundry. Saya sudah pernah coba satu kali memakai laundry Cabana Apartment Service yang untuk 1 shirt, 2 pants, 2 T-shirt ; Semua saya minta dicucikan dan yang disetrika cuma 1 shirt dan 2 pants. Hitungan Bill yang harus dibayarkan ialah  500 Rupees alias  IDR 100.000,-. Wew. Mahal amat dibandingkan dengan jasa laundy di  Indonesia. Cukup dengan 3-6 Ribu Rupiah per Kg sudah jadi. Kalo di tempat saya di solo laundry itu 1 kg Mbayarnya cuman Rp. 2.500= 1/4 dollar = 12,5 rupee.

Btw, Sebenarnya Pemerintah India sudah baik hati Ngasih 5 ribu Rupee sebagai  Weekly Allowance/Salary  tapi karena mahalnya jasa Laundry yang bikin nightmare itu saya coba mencuci sendiri T-Shirt dan baju-baju saya dan jika kurang kering saya jemur di lampu kamar/lampu tidur :D. ini dia Fotonya :) d^^b :D



1 comment:

  1. Nice thanks for sharing informative post like this keep posting if like more details visit my website linkhttps://salesforcemasters.in/

    ReplyDelete

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..