Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jurus jitu tembus dan Optimasi Google Adsense untuk blogger Newbies

 1. Bikinlah nama domain blog yang mudah diingat. Cobalah membuat nama blog yang mudah diingat seperti ini www.pakfaizal.com. Sebenarnya blog ini menggunakan hosting gratis di www.blogger.com dengan alamat domain pakfay.blogspot.com tetapi alamat yang agak sulit diingat ini di-redirect URL dan di-customize di www.rumahweb.com. Harga domain dot com sekitar IDR 150.000,- dan meski ada yang lebih murah yaitu domain my.id seperti www.jihadisjurnal.my.id yang hanya 50 ribu rupiah tetapi nama domain dot com tetap yang paling favorit.

2. Menata niatan  yang benar dalam blogging. Niat blogging itu sedekah imu kepada masyarakat umum bukan semata monetisasi via Google Adsense. Makanya di www.pakfaizal.com saya tidak memasang iklan di top banner tapi di sela-sela artikel dan di sidebar atau di footer.  Pemasangan iklan  yang banyak meramaikan blog dan website sebenarnya membuat tidak nyaman bagi  pembaca blog  tapi di sisi lain banyak juga informasi baru atau tawaran baru yang didapatkan dan juga menguntungkan bagi owner blog yang memasang adsense di blog atau websitenya.

3. Buatlah  artikel yang bagus dan original sesuai passion dan hobi anda. Kata para blogger senior: KONTEN ADALAH RAJA. Jika anda senang mempelajari Bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Rusia, Bahasa Korea atau Jepang ceritakanlah pengalaman asyikmu dalam belajar Bahasa-Bahasa asing tersebut. Jika anda suka membuat software Game untuk pendidikan dan hiburan, pengetahuan itu bisa dibagikan via blog writing.  Pembuatan konten yang terbaik yang sesuai passion harus lebih diutamakan daripada sibuk memilih, gonta-ganti template blog dan sekaligus otak-atik HTML-nya. Sekarang ini sudah tersedia ratusan free SEO friendly blogger atau blogspot template untuk blog anda. Bisa juga menggunakan wordpress theme untuk self-hosted wordpress blog anda.

Silakan ambil yang gratis di www.wordpress.org. Menurut saya, tampilan wordpress theme itu lebih cantik dan lebih diminati netizen daripada blogspot tapi ya kembali CONTENT IS THE KING. Mirip di pelajaran ilmu linguistics ProfessorNoam Chomsky dari MIT, USA bahwa Competence itu lebih penting dari pada performance.  Kemudian, dalam pembuatan konten anggaplah Anda sedang bercerita atau berceramah di depan umum. Sehingga pikirkan konten terbaik yang bermanfaat untuk masyarakat umum. Jadi menulis bukan hanya untuk kepentingan pribadi tapi untuk dibaca netizen secara luas. coba cek juga tulisan yang typo atau grammar yang salah. untuk tulisan Berbahasa Inggris  bisa menggunakan aplikasi cek grammar silakan baca tutorial grammarly for ms-word ini.

4. Buatlah target periodisasi penulisan artikel. Buatlah target  minimal 3 kali menulis dalam seminggu atau lebih baik lagi sehari satu posting minimal 300 kata. Minimal 300 kata itu sebaiknya karya asli bukan duplicate content dan bisa dicek plagiat atau bukan di www.copyscape.com dan coba meminimalkan tampilan gambar. Perbanyak kata-kata dan kurangi tampilan gambar. Gambar atau foto sebaiknya foto kita sendiri atau jika mengambil gambar dari internet idealnya gambar yang berlinsensi creative common yang bisa dipake atau re-use secara public licence. Ada saran dari blogger senior jika mengambil gambar dari internet sebaiknya disunting atau di-edit terlebih dahulu.

5.  Pikirkanlah peningkatan  kunjungan organik atau kunjunga alami blog minimal seratus sampai seribu pengunjung setiap harinya. Untuk meningkatkan traffic anda bisa memasang iklan di Google Ads dengan pembayaran minimal IDR 200.000,- per bulan tapi jika budget kita minimalis ya share saja artikel-artikel di blog anda di media social dan japri ke teman-teman kita. Kemudian di group facebook, Whatsapp, KasKus forum dan group-group blogging di social media silakan aktif berkenalan, berbagi pengalaman dan jangan lupa share link URL web anda. Silaturahmi via Blog-walking sangat penting. Murah, meriah dan berkah.

6.  Perlu kesabaran yang tinggi dan persistent dalam Blogging. Sering terjadi blogger pemula baru membuat blog dalam  dua minggu atau sebulan dengan hanya atau enam  artikel sudah berani maju ke Google adsense. Walhasil setelah 14 hari dinilai team Google Adsense aplikasinya ditolak. Ya karena artikel masih sedikit, pengunjung masih sedikit. Andai dipasang iklan dari Google Adsense, siapa yang mau melihat dan men-click iklan tersebut jika pengunjungnya sedikit? Team Google Adsense tidak mau merugi dengan menyetujui blog yang sepi pengunjung. contoh penolakan Google Adsense terhadap blog saya www.jihadisjurnal.com karena posting dan visitor masih sedikit dan jurnal baru satu bulan berjalan.  dan  ada juga contoh acceptance team Google Adsense ke blog saya yang sudah 600 ribu pengunjung yaitu blog keren ini www.pakfaizal.com . ha ha ha.

Demikianlah  6 Jurus jitu tembus dan Optimasi  Google Adsense untuk blogger pemula.

 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Jurus jitu tembus dan Optimasi Google Adsense untuk blogger Newbies"