Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HINDARI PHUBBING.....!!!

 HINDARI  PHUBBING.....!!!

(Istilah Baru) 



Stop phubbing kalau kita sedang berhadapan atau sedang dlm pertemuan.

Ini kata baru dan sedang diadakan #campaign / kampanye anti Phubbing.


Phubbing adalah istilah sibuk main HP dan mengabaikan orang di hadapan kita, itulah yg terjadi, disebut juga POLA ANTI SOSIAL.


Pada bulan Mei 2012 para ahli bahasa, sosiolog, dan budayawan berkumpul di Sidney University. Hasil pertemuan tsb melahirkan satu kata baru dlm tata bahasa Inggris. 


Kata tsb adalah Phubbing. Yaitu Sebuah tindakan seseorang yg sibuk sendiri dgn gadget di tangannya, shg ia tidak perhatian lagi kpd orang yg berada di dekatnya.


Karena sudah menjadi fenomena yang sangat umum, dunia sampai memerlukan sebuah kata khusus utk penyebutannya. Kini kata Phubbing secara resmi sudah dimasukkan dalam Kamus Bahasa Inggris di berbagai negara. 


Sampai saat ini Bahasa Indonesia belum memiliki kata serapan dari phubbing ini. Padhal kita sendiri sering berbuat "Phubbing' Misalnya saat berbicara dengan petugas teller di bank, tangan kita sambil memainkan gadget. 


Ketika menemani anak2 mengerjakan tugas sekolah, setiap satu menit sekali kita melirik layar handphone kalau2 ada notifikasi yang masuk.


Pada momen makan berdua di restoran dengan istri, yang terjadi sekarang ... hp diletakkan sedekat mungkin di sisi kita dan mampu menyela obrolan apapun ketika ada suara pesan dari medsos. 


Ya... saat ini Kita sudah menjadi "phubber sejati."


PHUBBING = kependekan  dari kata : PHONE and SNUBBING; diciptakan oleh Alex Haigh seorang Australia. Dalam penelitiannya menemukan fakta karena gadget orang mengabaikan sesama dlm masyarakat dan keluarga saat bertemu.


Saudaraku & temanku, mari kita benahi diri sendiri.

Tdk berarti kita berhenti gunakan HP, tapi setidaknya kurangi "Phubbing" sebisa mungkin


HORMATILAH ORANG² DISEKITAR KITA, JANGAN SAMPAI KITA DIKATAKAN TDK MEMPUNYAI SOPAN SANTUN OLEH ORANG DISEKITAR KITA


Jangan sampai handphone yang kita beli dengan keringat hasil usaha sendiri ini, justru memisahkan kita dengan teman, dengan sahabat, bahkan memisahkan kita dari saudara, orangtua, anak dan suami /istri, Yg paling dijaga di hadapan orang yg dikasihi


Semoga bermanfaat...!!


🙏🙏🙏🙏🙏

Post a Comment for " HINDARI PHUBBING.....!!!"