Selasa, 04 September 2012

Istilah-Istilah penting di ranah studi sosiolinguistik

  • Pengertian sosiolinguistik
Sosiolinguistik adalah kajian interdisipliner yang mempelajari pengaruh budaya terhadap cara suatu bahasa digunakan. Dalam hal ini bahasa berhubungan erat dengan masyarakat suatu wilayah sebagai subyek atau pelaku berbahasa sebagai alat komunikasi dan interaksi antara kelompok yang satu dengan yang lain.
  • definisi jargon
Jargon adalah istilah khusus yang dipergunakan di bidang kehidupan (lingkungan) tertentu. Jargon biasanya tidak dipahami oleh orang dari bidang kehidupan yang lain. Misalkan "jargon komputer" berarti istilah-istilah yang berhubungan dengan komputer secara khusus dan hanya dipahami oleh orang-orang yang berhubungan dengan bidang komputer.
contoh ada jargon politik "Cintailah produk dalam negeri". omongan yang secara latah selalu diucapkan hampir tiap partai dalam kampanye tapi kenyataanya banyak WNI yang malas membeli produk dalam negeri entah karena gengsi atau alasan menghindari bahaya kesehatan misalnya banyak bakso yang pake  boraks, tahu berformalin, gorengan yang dicampur plastik saat menggoreng biar awet dan renyah dan banyak racun-racun lain yang dimasukkan hanya untuk mencari keuntungan dunia sedikit tapi merugikan orang lain.



  • .definisi slang


Slang adalah ragam bahasa tidak resmi, dan tidak baku yang sifatnya musiman, dipakai oleh kelompok sosial terteentu untuk komunnikasi intern, dengan maksud, agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.
Slang di ciptakan oleh perubahan bentuk pesan linguistik tanpa mengubah isinya untuk maksud penyembunyian atau kejenakaan, jadi slang bukanlah jika kita berbicara yang seharusnya sebuah bahasa, melainkan hanya transformasi parsial sebagian dari suatu bahasa menurut pola-pola tertentu. Contohnya, kata bahasa Indonesia mobil dapat di ubah wujudnya menjadi bo'il, bolim, demobs atau kosmob.
  • pengertian argot.bukan air got lho ^^
Argot adalah bahasa dan perbendaharaan kata yang bersifat rahasia dari suatu kelompok orang, misalnya bahasa para pencopet. Argot juga kadang merujuk pada kosakata spesifik informal dari suatu bidang ilmuhobipekerjaanolahraga, dll.Nirmala Sari seorang ahli linguistik asal Indonesia mengemukakan bahwa istilah lain dari Argot adalah Jargon.
Istilah Argot berasal dari bahasa PerancisSpanyol, dan Katalan untuk slang. Penggunaannya yang pertama kali ditemukan adalah pada tahun 1628 yang kemungkinan diturunkan dari nama kelompok pencuri les argotiers pada saat itu [1]Victor Hugo adalah salah satu orang yang pertama kali melakukan penelitian mendalam tentang argot yang dituangkan misalnya dalam novelnya, Les MisĂ©rables
  • Pengertian bahasa prokem atau bahasa gaul
Bahasa prokem atau Bahasa gaul adalah ragam bahasa Indonesia nonstandar yang lazim digunakan di Jakarta pada tahun 1970-an yang kemudian digantikan oleh ragam yang disebut sebagai bahasa gaul. Bahasa prokem ditandai oleh kata-kata Indonesia atau kata dialek Betawi yang dipotong dua fonemnya yang paling akhir kemudian disisipi bentuk -ok- di depan fonem terakhir yang tersisa. Misalnya, kata bapak dipotong menjadi bap, kemudian disisipi -ok- menjadi bokap. Diperkirakan ragam ini berasal dari bahasa khusus yang digunakan oleh para narapidana. Seperti bahasa gaul, sintaksis dan morfologi ragam ini memanfaatkan sintaksis dan morfologi bahasa Indonesia dan dialek Betawi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..