Sabtu, 09 Juli 2016

HIKMAH HALAL BI HALAL

HIKMAH HALAL BI HALAL
  • Istilah HALAL BI HALAL sebenarnya tidak ada dalam bahasa Arab atau pembahasan fikih Islam. Tradisi ini awalnya merupakan seruan dakwah sunan Kalijaga untuk megenalkan amalan silaturahmi setelah ibadah puasa pada bulan ke-9/bulan ramadhan.
  • Perkembangan selanjutnya Raja Mangkunegoro I a.K.a Pangeran SAMBER NYAWA/Raden Mas Said) memanggil para pengawal/senopati/pembantunya pasca sholat idul fitri. Karena diundang raja maka para tamu memakai pakaian yang serba bagus dan pada akhir acara ada acara bersalam-salaman. Secara kenegaraan pada tahun 1963 HALAL BI HALAL digunakan oleh Presiden Ir.Soekarno untuk bersilaturahmi dengan para sahabatnya.
  • Dengan demikian HALAL BI HALAL ini merupakan local wisdom atau kearifan local yang bersifat nasional. Kenapa tidak internasional karena tidak didapati di komunitas muslim di arab atau tempat-tempat lain. alaupun ngga ada dallil yang jelas ada ulama yang mengatakan ini adalah adat istiadat yang baik karena masih sejalan dengan nilai-nilai Islam. Q.S 3 Ali Imron ayat 133-135.
  • ali imron 133 sampai 135
  1. Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,
  2. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. 135. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri[229], mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka Mengetahui.
  3.  
  • Perlu bpk/ibu ketahui ada empat gambaran keadaan manusia ciptaan Alloh, yaitu :
  • UNTUNG di dunia >< RUGI di akhirat (kehidupannya berlimpah,hartanya banyak,isterinya banyak. Tapi tidak kenal ibadah sama sekali) = RUGI
  • RUGI di dunia >< UNTUNG di akhirat (hidupnya serba kekurangan tapi ibadahnya mantab) = UNTUNG
  • RUGI di dunia >< RUGI di akhirat (sdh didunianya melarat di akhirat juga mlarat) = RUGI.wis miskin ora sholat????
  • UNTUNG di dunia >< UNTUNG di akherat (dunianya Oke, Ibadahnya juga oke)= Ini org2 yg Ideal dan sanga-sangat beruntung. Ibnu zubair R.a punya 100 pekerja.imam abu hanifah mendengar kabar kapalnya hilang mengatakan Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..