Senin, 23 Mei 2016

LDK Rayakan Milad dengan Seminar Dawah Kontemporer


Lembaga Dakwah Kampus (LDK) IAIN Salatiga, Sabtu, (21/5) mengadakan Seminar Nasional yang bertema “Esensi Dakwah Kontemporer”. Seminar tersebut dihadiri oleh dua pemateri, yaitu Faizal Risdianto dan Muhammad Amin.
Menurut Faizal Risdianto, tema seminar nasional tersebut menarik karena dakwah merupakan kebutuhan untuk semua orang. Materi yang disampaikan beliau mengenai dakwah tradisional, hal- hal yang tradisional namun juga berbicara modern. Beliau menceritakan tentang konsep dakwah nabi dari zaman dahulu sampai sekarang.
Kemudian pemateri yang kedua, Muhammad Amin berpendapat bahwa dakwah harus berinovasi, “Sekarang ini banyak dakwah dari media seperti google,youtubewhatsapp, dan sebagainya. Namun, hasilnya lebih bagus dan lebih setuju menggunakan model lama, yaitu dakwah secara langsung atau tatap muka tanpa media atau apapun, agar lebih jelas.”
Materi yang disampaikan olehnya tentang penjelasan bahwa dakwah ada dua, yaitu dakwah service dan development. Dakwah service adalah dakwah yang sifatnya mengajak seseorang sedangkan yang kedua adalah dakwah development yaitu dakwah yang sifatnya berkelanjutan.
Nurina (20) salah satu panitia, menjelaskan bahwa pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi oleh orang zaman sekarang yang mendengar dakwah sudah takut, terlebih lagi ada image ISIS dan sebagainya. Padahal Islam relevan dengan berkembangnya zaman. Untuk kalangan remaja, metode dakwah berupa ceramah sangat membosankan. Untuk itu, tema dikemas semenarik mungkin. Media dakwah bisa dengan tulisan, musik, dan sebagainya. Selain itu, LDK juga ingin menunjukkan bahwa mereka punya strategi dakwah kontemporer.
Tujuan diadakannya seminar ini, untuk memberi wawasan tentang dakwah yang kekinian. Harapan LDK bisa menjadi lembaga dakwah yang teladan, dan dapat melakukan dakwah kontemporer. Sedangkan harapan untuk peserta, meskipun bukan dari anak dakwah, mereka bisa berdakwah walaupun sederhana.
(Sofi/Crew Magang_)  sumber keren :http://klikdinamika.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..