Selasa, 19 Juni 2012

Yang Unik,Menarik dan Aneh pas Ane jalan-jalan ke INdia dan Bangladesh

oleh Pak Faizal Solo

Berikut ini adalah beberapa poin yang unik,menarik dan aneh pas saya bulan januari -feb 2011 di india dan Bangla.

1. sering orang bilang India negara yang miskin dan kumuh (kokehan nonton pilem :) tapi tiap hari orang sana makan roti dan daging sapi.daging sapi per kilo 100 rupee atau kira-kira Rp.20 ribu.orang miskin dan pengemis biasa makan roti, daging dan minum susu.
2. ga ada satupun tukang parkir kalo kita ke toko2 .
3. minum susu campur teh (chay) adalah kebiasaan umum.

4. makan sirih (jawa=nginang) adalah kebiasaan umum baik tua maupun muda. (blas ra gaul cah :)
5. orang india punya produk kebanggaan nasional yaitu mobil dan truk merek TATA. bentuknya mengerikan dan superjelek tapi mereka bangga bisa bikin kendaraan sendiri termasuk bemo dan bajaj.



6. di new delhi india, krambil atau buah kelapa yang sudah tua dijajakan di jalan2 ditawarkan ke pengemudi mobil-mobil mewah. kalo di tempat kita mungkin dianggap marai kreminen/cacingan?
7. Bangladesh mayoritas muslim makanya kalo cari kopiah yang modelnya unik2 carilah di bangladesh
8. anak SD/primary school dan SMP/secondary school udah pinter2 speaking in English. maklum mereka di sekolah diajar dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.
9. setiap masjid ada hafidz Qur'an. sehingga setiap masjid adalah pesanten. saya pernah jumpa anak SD yang hafal 4 juz al Qur'an padahal dia tinggal di kota yang padat seperti Calcutta. yang begini biasa disana karena banyak yang hafidz Qur'an
10. anak2 kecil suka koleksi mata uang asing terutama uang koin. mereka heran kenapa uang rupiah nolnya banyak sekali. uang seribu rupee jika ditukar dengan uang kita jadinya 200 ribu rupiah. mereka bilang "uang kalian nolnya banyak sekali ya?:)
11. orang india dan bangla sama saja kalo dijalan suka membunyikan klakson walo tidak ada apa2.jadi riting kendaraan tidak begitu penting.
coba liat video ini
http://www.youtube.com/watch?v=5mcXVNCSKZA
dan yang ini
http://www.youtube.com/watch?v=JG16LgkgNf4&feature=related
12. yang mengherankan dalam kunjungan ke beberapa kota di india (yang notabene negeri mayoritas hindu) saya tidak melihat orang pacaran terang2an seperti rangkulan2 beda sekali dengan yang ditampilkan film bolywood.
indonesia lebih parah?
13. di musim dingin kambing dan sapi dikasih jaket. seringnya dikasih sweter yang udah jelek.
14. kalo pagi orang india dan bangla biasa makan buah seperti anggur, jeruk dan apel sebelum sarapan roti. kalo kita yang bisa sakit perut. oh ya pepaya adalah makanan mewah di sana
15. membedakan orang hindu dan orang islam mudah dilihat dari ciri penampilan. kalo hindu ada tanda merah di dahi namanya pandit. kayak little khrisna. kalo muslim bisa dilihat dari tampilan islaminya dan islamic greeting. mereka ga bakalan bilang NAMASTE sperti yang beragama hindu
ok.gitu aja dulu untuk foto2 silakan liat di bawah ini
kambing pake jaket karena muslim dingin di india
girls learning Qur'an in hawari masjid, ranchi, jharkhand, india
tempat beli sirih buat Nginang :)






banglawali masjid is the world wide tablighi markaz in new delhi
solat dhuha
dilarang pake hp

sheldah station/kalcutta
bajaj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..