Jumat, 11 Mei 2012

Bedanya Kata "House" dan "Home"

Dalam bahasa Inggris kata "rumah" memiliki dua kata yang sering dipake yaitu House dan Home. Kata "house" artinya rumah secara fisik. hanya dari segi bangunannya saja, sedangkan kata "Home" adale rumah secara pyschologis. artinya dari segi kaitan jiwa, hubungan batin antar anggota keluarga. ada kehangatan di situ.

Mangkenye ada istile "Homesick" gak ada "HOuseSick". itu lho penyakit kanget rumah alias penyakit HOmeSickness. trus kalo keluarge ancur berantakan namanya "Broken Home" bukan "BrokenHouse". kalo broken house mah rumah kena gempa. udah jadi damage semua. jadi ruin dan beneath the remains.



trus kalo kita berbicara tentang ajaran dalam  agama Islam, ada hadist nabi;
Rumahku adalah sorgaku
Lalu, apa hubungan sabda Rasulullah SAW dengan bedanya kata HOuse dan Home?
My Lovely Ustadz menjelaskan bahwa Rumah beliau adalah rumah secara psikologis. di rumah beliau tak ada perabotan mahal. tak ada perhiasan mahal dan makanan lezat bahkan sampai akhir hayat beliau belum pernah dahar roti dari bahan yang lembut. smua bahannya kasar. buat nglemparin anjing aja bisa kaing2... tetapi bagi beliau :"Home sweet Home". rumah adalah tempat penuh kedamaian dan kebahagiaan bukan rumah secara fisik. jadi rumah beliau adalah "home" bukan "house" bigimane dengan rumahmu. HOme apa HOuse?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..