Rabu, 16 Mei 2012

Akhirnya Lady Gaga Batal Konser Di Indonesia

Jika kita melihat berita infotainment di televisi, pemberitaan tentang Lady Gaga batal konser di Indonesiacukup santer. Bagaimana pendapat Anda tentang hal ini? Apakah Anda setuju Lady Gaga batal konser di Indonesia ataukah tidak setuju?. Kalau saya sendiri setuju jika Lady Gaga batal konser di Indonesia karena memang aksi dan penampilanya tidak kongruen dan tidak sesuai dengan norma adat dan budaya Indonesia, apalagi norma agama. Lagi pula bagi Anda yang suka lagu-lagu dari Lady Gaga juga  bisa menikmati lagu-lagu Lady Gaga tanpa harus nonton konsernya yang penuh dengan pro dan kontra juga lumayan maahal. Saya yakin sebagian dari Anda sudah tahu hal itu, hanya saja mungkin sebagian dari Anda masih punya gengsi yang cukup tinggi sehingga mungkin ada yang ikut-ikutan tidak setuju Lady Gaga batal konser di Indonesia.



Memang konser Lady Gaga ini mendapat pro dan kontra, tetapi terlepas dari pro dan kontra itu, kita harus berpikir jernih atas semua itu dengan melihat sisi baik dan sisi buruknya, jika lebih banyak sisi buruknya tentu akan lebih baik di urungkan saja. Kecuali jika Lady Gaga bisa menyesuaikan penampilannya dengan budaya Indonesia dengan penampilan yang sesuai dan tidak vulgar, tentu masih bisa ada harapan, tetapi pastinya Lady Gaga inginnya tampil seperti yang di inginkan.

Lalu bagi yang sudah beli tiket konser Lady Gaga gimana jadinya?. Ya, ini juga kesalahan dari promotor, kenapa pembatalan ini mendadak padahal iklan konser Lady Gaga sudah gencar beberapa bulan kemarin. Konsekuensinya tentu harus ada pengembalian tiket. Kalau Lady Gaga tidak boleh konser di Indonesia tapi kenapa konser Katy Perry dan konser Suju/ Super Junior dari Korea kemarin aman-aman saja?. Ya kita tahu sendiri, untuk konser Katy Perry dan Super Junior beberapa waktu lalu tidak terlalu vulgar, jadi ya aman-aman saja.

Berita tentang kepastian Lady Gaga batal konser di Indonesia ini seperti di lansirvivanews.com, Polda Metro Jaya merekomendasikan kepada Mabes Polri, selaku pemberi izin konser Lady Gaga agar membatalkan acara yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 3 Juni 2012 mendatang.
Banyaknya pihak yang menentang keras penyanyi asal Amerika itu menjadi alasan polda menolak konser bertajuk "The Born This Way Ball" tersebut.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menjelaskan, rekomendasi menjadi bahan acuan Mabes Polri untuk dipelajari.
"Dengan demikian, konser Lady Gaga fixed dibatalkan, mengingat faktor sosial budaya yang berdampak pada faktor keamanan," kata Rikwanto, Selasa 15 Mei 2012.

Rikwanto menuturkan, pihak penyelenggara konser Lady Gaga sudah memasukkan izin acara itu pada 25 April 2012 lalu ke Polda Metro Jaya, sementara rekomendasi polda ke Mabes Polri dilayangkan pada 8 Mei 2012.

Menurutnya, polda juga sudah berkoordinasi dengan event organizer (EO) konser Lady Gaga terkait permasalahaan tersebut. "Kami sudah sampaikan kenapa tidak kasih rekomendasi. Untuk Lady Gaga, ditemukan banyak yang tidak sesuai dengan budaya kita. EO sendiri sudah memaklumi kalau penyelenggaraannya di Jakarta," kata Rikwanto.

Beberapa acuan yang menjadi pertimbangan Polda Metro Jaya untuk menerbitkan rekomendasi penolakan konser Lady Gaga, di antaranya:

1. Masukan dari berbagai pihak yakni MUI, yang mengatakan untuk atraksi Lady Gaga di panggung dan foto tidak pantas ditonton banyak orang, busananya terlalu sexy, mengumbar aurat, merangsang, sehingga mengharamkan nonton konser tersebut.

2. Beberapa fraksi di DPR menyampaikan bahwa konser terlalu fulgar, implikasinya tidak bagus, dan tidak mendidik sehingga tidak memungkinkan konser digelar di Indonesia.

3. Masukan dari FUI, supaya tidak digelar karena kaitannya dengan masalah mengumbar syahwat dalam arti penampilannya.

4. Lembaga Adat Besar Republik Indonesia mengatakan, perilaku Lady Gaga tidak memiliki atau tidak sesuai dengan adat ketimuran. Budaya seperti itu tidak cocok masuk ke Indonesia.

Nah sekarang bagaimana pendapat Anda sendiri?. Mungkin banyak yang mengatakan munafik, tapi perlu di garisbawahi, munafik itu dari sisi apa dulu. Anda tahu sendiri Lady Gaga suka berpenampilan yang kurang etis dan sesuai dengan budaya bangsa Indonesia tapi Anda mendukungnya, justru itu munafik namanya. Atau Anda suka dengan lagu-lagu Lady Gaga tapi ikut-ikutan tidak setuju dengan konser Lady Gaga, apa itu munafik?, belum tentu karena kita bisa lihat video lagu-lagunya di Youtube dan situs download gratis yang lain untuk mendapatkan lagu-lagu Lady Gaga tanpa harus melihat konser Lady Gaga yang pro dan kontra, meskipun punya sensasi tersendiri jika nonton langsung.

Bagi Anda yang sudah membeli tiketnya, semoga nanti bisa di kembalikan secara utuh. Bagi Anda yang kesel, kecewa, setuju atau tidak setuju dengan konser Lady Gaga di Indonesia, silahkan Anda beri komentar di bawah ini, jadi perasaan dan pendapat Anda bisa di ketahui yang lainnya dan sebaliknya Anda bisa tahu juga dari pendapat orang lain tentang hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..