Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA BAHASA IKLAN PRODUK (STUDI KASUS DI RADIO GSM FM)


MUTAQIN, ERIZA (2009) IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA BAHASA IKLAN PRODUK (STUDI KASUS DI RADIO GSM FM). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img]PDF
36Kb
[img]PDF
215Kb

Abstract

Eriza Mutaqin. NIM : A 310 040 075, “Implikatur Percakapan Pada Bahasa Iklan Produk (Studi Kasus di Radio GSM FM)”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008. 50 Halaman. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada bahasa iklan produk di radio GSM FM, mendeskripsikan implikatur yang terjadi pada bahasa iklan produk di radio GSM FM, dan mengetahui faktor yang mengakibatkan adanya pemakaian implikatur percakapan yang terdapat pada bahasa iklan produk di radio GSM FM. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Pelitian ini dilakukan pada bulan Oktober-November 2007 dengan merekam iklan produk di radio GSM FM. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam dan teknik catat. Teknik rekam dilakukan dengan menggunakan tape recorder sebagai alatnya untuk merekam iklan produk berbahasa Indonesia di radio GSM FM. Teknik catat dilakukan untuk mengklasifikasikan data yang telah terkumpul. Tuturan yang mengandung implikatur percakapan dalam iklan produk di radio GSM FM terdiri dari dua bentuk tuturan yaitu berbentuk direktif sejumlah 8 tuturan dan tuturan berbentuk deklaratif sejumlah 5 tuturan. Implikasi yang muncul pada percakapan iklan produk di radio GSM FM pada umumnya mengarah pada kesepahaman dan keterusterangan antara penutur dan mitra tutur. Faktor yang menyebabkan adanya pemakaian implikatur dalam iklan produk di radio GSM FM adalah faktor ekonomi, faktor kebutuhan masyarakat, dan faktor efektivitas produk.


Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:A310040075
Additional Information:RAK A310-052
Uncontrolled Keywords:Implikatur, bahasa iklan.
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
ID Code:3570
Deposited By:Ari Fatmawati
Deposited On:15 Jul 2009 15:41
Last Modified:16 Nov 2010 20:09

4 comments for "IMPLIKATUR PERCAKAPAN PADA BAHASA IKLAN PRODUK (STUDI KASUS DI RADIO GSM FM)"

  1. Manteb om blognya, dapet bahan dari mana?
    Kunjungin punya saya juga ya.. http://molenardo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. ambilnya dari
    http://etd.eprints.ums.ac.id/3570/
    btw,lumayan ranks alexanya naik..dan utamanya bisa buat mbantu yang kesulitan cari abstrak skripsi bagi anak English dept.

    ReplyDelete
  3. pa kalo sya mau ambil skripsi lengkap kenapa minta login yah pa? bs share accountnya pa

    ReplyDelete
  4. harus jadi mahasiswa di universitas tersebut atau kalo orang luar kampus mungkin saja diminta mbayar.coba hubungi admin apa webmaster www.ums.ac.id

    ReplyDelete