www.inkscape.org

Namecheap.com Inkscape adalah sebuah perangkat lunak vector graphics editor yang bersifat Perangkat lunak bebas. Saat ini Inkscape masih dikembangkan dan dengan bantuan Gaussian blur sejak versi 0.45 telah mampu menghasilkan gambar SVG yang mutunya hampir sama dengan foto. Saat ini Inkscape belum mendukung animasi dan SVG fonts.

Inkscape dikembangkan terutama untuk Linux, namun bersifat cross-platform dan dapat dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan lain-lain. Lisensinya adalah GNU General Public License.

Inkscape dimulai pada tahun 2003 oleh Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY, menggunakan bahasa pemrograman C++.

Sejarah

Inkscape dirintis pada 2003 sebagai sebuah code fork dari projek Sodipodi. Sodipodi sendiri, yang dikembangkan sejak 1999, didasarkan pada Gill, buah karya dari Raph Levien.

Fork itu dipandu oleh sebuah tim berjumlah empat orang, para mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) yang mengenali perbedaan-perbedaan dari tujuan-tujuan projek itu, keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka melakukan forking. Dengan Inkscape, mereka berpendapat bahwa mereka dapat memfokuskan pengembangan pada penerapan standar SVG secara lengkap, padahal pengembangan Sodipodi menekankan pembuatan sebuah editor grafik vektor yang bertujuan umum, mungkin karena mahalnya SVG.

Karena fork itu, Inkscape bergeser dari menggunakan bahasa program C ke C++; berubah ke GTK+ toolkit C++ bindings (gtkmm); merancang ulang antarmuka pengguna dan menambahkan sejumlah fitur baru. Penerapannya terhadap standar SVG telah menunjukkan perbaikan yang signifikan, meski belum lengkap.

Lebih baik daripada prinsip perintah atas-ke-bawah, para pengembang dikondisikan dengan budaya kesetaraan di mana otoritas bermunculan dari kemampuan para pengembang secara perseorangan dan keterlibatan yang aktif di dalam projek. Hasilnya, projek ini menempatkan penekanan istimewa pada pemberian akses penuh kepada cadangan kode sumber bagi semua pengembang yang aktif, dan pada keikutsertaan di dalam komunitas open source yang lebih luas (seringkali berbentuk inisiatif antar-projek dan projek-projek pertukaran seperti Open Clip Art Library). Sementara para pendiri projek masih terwakili secara baik pada proses pengambilan putusan, banyak pendatang baru juga ikut memainkan peranan penting. Di antara mereka adalah "bulia byak", arsitek dari perubahan antarmuka pengguna yang radikal yang telah memberi Inkscape sebagai bentuknya sekarang. Antarmuka baru itu berorientasi pada GUI-nya Xara Xtreme.

Setelah Xara meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme ke dunia open source, mereka mengungkapkan minat untuk bekerja dengan Inkscape untuk menemukan jalan kedua-dua projek ini saling berbagi kode, usaha terkoordinasi, dan membuat grafik open source lebih hebat daripada grafik apapun yang tersedia di dunia proprietary.

Sejak 2005, Inkscape ikut serta di dalam Summer of Code, program dari Google.

Hingga penghujung November 2007, sistem pencarian kesalahan program Inkscape ditanam di Sourceforge, tetapi itu dinyatakan pada 21 November 2007, bahwa mereka akan memindahkannya ke Launchpad.

pengen coba dowload ?: donlot abiiiiiz: klik sini ya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "www.inkscape.org"

  1. assalamualaikum,posting yg menarik,tapi saya COREL Addict he he,ini free walaupun bukan opensoure,tapi illegal source he he maklum:) tapi keren inkscape kapan2 nyoba!

    BalasHapus

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..